Selasa, 06 Januari 2009

Tugas Penyakit ikan

JAMUR Aphanomyces astaci YANG MENGINFEKSI
UDANG AIR TAWAR Astacus astacua



I. PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Indonesia mempunyai perairan umum ( perairan tawar) yang cukup luas , selain perairan laut. Perkembangan budidaya perairan di Indonesia semakin berkembang dari tahun ke tahun, baik budidaya air laut, payau dan air tawar. Pada budidaya air tawar salah satu komoditas yang dibudidayakan adalah udang air tawar jenis Astacus astacua .komoditas tersebut umumnya dibudidayakan secara intensif. Pada budidaya intensif kemungkinan serangan penyakit juga semakin tinggi dibandingkan dengan budidaya secara semi intensif dan ekstensif. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor antara lain kepadatan tinggi, sisa pakan buatan, meningkatnya amoniak, kualitas air yang menurun dan sebagainya.
Salah satu penyakit yang menyerang budidaya udang air tawar adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur. Beberapa jenis jamur telah digolongkan sebagai patogen berbahaya karena potensi sifat dan daya serangnya dapat mengakibatkan kematian pada ikan. Jenis-jenis jamur tersebut adalah Ichthyophonus hoferi (sand paper disease), Branchiomyces sanguinis dan B. Demigrans (Branchioycosis), Aphanomyces invandens (Epizootic Ulcerative Syndrom) dan Aphanomyces astaci (Crayfish Plaque) (Nursanto, 2007).
Spesies Aphanomyces astaci menyebabkan kematian pada udang air tawar Astacus astacus hari ke 6 – 10 setelah udang terinfeksi (Uribeondo, 2006).
Kalau mau downlod filenya lengkap dibawah ini
http://myfreefilehosting.com/f/1f6122ba42_0.66MB

1 komentar: